Search
Close this search box.

Daftar Isi

CV dengan Resume Itu Sama atau Beda, Ya?

Facebook
Twitter
LinkedIn

Pernah tidak kalian bertanya tentang perbedaan atau persamaan CV dengan resume?Biasanya pertanyaan seperti ini muncul pada benak-benak para freshgraduate. Benar tidak? Jadi, apa sih bedanya? CV dengan Resume ini sebenarnya sama atau beda? Nah, sekarang, ayo kita bahas bersama-sama agar kalian tahu dan tidak bingung lagi jika loker yang kalian incar memiliki persyaratan untuk mengirim CV ataupun Resume.

Sebelum menjawab pertanyaan apakah CV dengan Resume sama atau berbeda, mari kita bahas terlebih dahulu CV dan Resume secara harfiah.

1. CV (Curriculum Vitae)

CV ini lebih berisi tentang kemampuan akademis, seperti riwayat pendidikan, jurnal-jurnal apa yang pernah diunggah, penghargaan, pengalaman organisasi ataupun kegiatan atau pelatihan, dan beberapa hal yang berhubungan dengan karir akademisi lainnya. Biasanya CV ini diminta ketika mengajukan beasiswa atau proposal penelitian, mendaftar untuk melanjutkan pendidikannya dari S1 ke S2, dan mendaftar pada posisi akademisi secara profesional, seperti menjadi dosen. Sementara dari segi dokumen, CV ini biasanya tidak dibatasi halamannya, kalian dapat mengisi sebanyak-banyaknya tergantung pengalaman yang dimiliki.

2. Resume

Isi dari resume ini lebih menekankan pada kemampuan (skill) yang dimiliki, pengalaman-pengalam kerja yang dimiliki, serta deskripsi tiap kerjaannya. Biasanya resume ini digunakan untuk melamar pekerjaan di Perusahaan. Namun, isi dari resume ini tidak bisa dipaparkan semuanya, tergantung dari kualifikasi lowongan kerja yang kalian incar sehingga halaman dari resume tidak terlalu banyak, maksimal 2 halaman. Contohnya, jika kalian ingin melamar pada posisi sebagai copywriter, maka tulis semua pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut saja.

Nah, sekarang kalian sudah tau perbedaannya kan? Secara internasional, resume digunakan untuk melamar pekerjaan, sementara CV digunakan untuk melamar pada posisi-posisi akademik, intinya yang berhubungan dengan akademik.

NAMUN Jika di Indonesia, CV dan resume ini dimaksudkan untuk satu dokumen yg sama. Jadi, jika persyaratan loker yang akan kalian lamar meminta untuk mengirim resume, maka dokumen itu maksudnya adalah juga CV.

Bagaimana? Jadi sekarang kalian sudah tahu kan mengenai CV dan Resume. Jangan terkecoh atau bingung-bingung lagi ok!

Photo by Bram Naus on Unsplash

More to explorer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *